Top Ad 728x90

Selasa, 16 Juni 2020

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost


Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kost! Di setiap tempat, terutama dekat wilayah sekolah, kampus, atau perkantoran pasti terdapat banyak tempat kost. Mereka yang bertempat tinggal jauh dengan lokasi sekolah, kampus, atau tempat kerja pasti akan menyewa tempat tinggal atau kamar sementara selama yang dibutuhkan. Namun tahukah kalian, bahwa menjadi anak kost memiliki banyak resiko yang harus dihadapi terutama yang bersangkutan dengan masalah kesehatan, apalagi hidup jauh dari orang tua. Untuk itu, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa diterapkan oleh anak kost.

Rutin Bersihkan Kamar Mandi
Cara menjaga kesehatan yang pertama, adalah membersihkan tempat tinggal atau kost. Kebersihan lingkungan adalah hal utama, salah satunya kebersihan kamar mandi. Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang sangat sering kita gunakan. Jadi, ada baiknya jika kita rutin menguras bak air atau bak mandi, bersihkan kloset, dan gosok lantai kamar mandi agar tetap terjaga kebersihannya.

Bersihkan Kamar Tidur
Tips menjaga kesehatan selanjutnya adalah perihal kebersihan tempat tidur. Kamar tempat kita tidur juga merupakan salah satu spot paling nyaman dan paling sering digunakan tentunya, namun secara sadar atau tidak, apabila tempat tidur sering diabaikan kebersihannya, maka debu akan semakin menumpuk. Apalagi jika kita mulai tidur tanpa membersihkan diri dulu, seperti cuci kaki, atau tidur dengan baju yang kotor.

Tipsnya, kamu bisa membersihkan diri terlebih dulu sebelum tidur, rutin membersihkan dan mengganti sprei, serta membersihkan debu yang mungkin banyak menempel pada kasur. Dengan begitu, bisa mengurangi resiko terkena berbagai debu penyebab penyakit.

Bersihkan Lantai
Membersihkan lantai kost juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan yang bersangkutan dengan lingkungan, apalagi sebagai tempat kita tinggal. Jika sudah dibiarkan dalam beberapa hari, lantai akan sangat mudah berdebu dan kotor.

Dengan begitu, kamu perlu menyapu lantai minimal satu kali dalam sehari. Setelah itu lantai harus selalu dipel menggunakan air bersih, wangi, dan anti bakteri. Kamu bisa melakukannya dalam tiga kali sehari, agar kebersihan lantai lebih terjaga.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Tips menjaga kesehatan selanjutnya ini bersangkutan dengan pola makan, dan bahan makanan yang masuk kedalam perut. Kini, banyak anggapan pula bahwa rata-rata anak kost mempunyai pola makan yang tidak teratur disamping kegiatan yang cukup padat, sehingga dapat menganggu kesehatan mereka. Bahkan banyak pula yang pola makannya cukup teratur namun selalu telat makan.

Keduanya harus bisa dihindari, karena masalah kesehatan perut yang banyak ditemui ini, cukup berakibat fatal. Karena tidak hanya masalah kesehatan yang selalu dianggap sepele, penyakit serius juga beresiko muncul apabila pola makan tidak segera diperbaiki.

Tips menjaga kesehatan dalam hal ini, misalnya kamu kembali mengubah pola makan yang teratur tiga kali sehari. Juga makan dengan tepat waktu, seperti pada saat sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam. Dengan begitu, stamina dan daya tahan tubuh bisa tetap terjaga.

Selain itu, kamu masih harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi haruslah sehat dan baik bagi tubuh. Misalnya banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-mayur, banyak minum air putih, dan lainnya. Intinya, perhatikanlah kandungannya seperti berbagai vitamin, serat, karbohidrat, hingga kalori yang sesuai kebutuhan tubuh. Kami sarankan pula untuk selalu hati-hati dalam membeli makanan cepat saji, ada baiknya masak hasil olahan rumah.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa diterapkan oleh seluruh anak kost. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90