Top Ad 728x90

Senin, 15 Juni 2020

Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba


Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba! Kini kita sedang memasuki musim pancaroba, atau musim yang sering berubah-ubah dan makin tidak bisa ditebak. Biasanya dengan adanya peruabahan cuaca mendadak, kesehatan tubuh dapat menurun.

Orang lebih mengenalnya sebagai penyakit yang diakibatkan dari perubahan musim, seperti penyakit flu, batuk, meriang, dan lainnya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan ketika terjadi musim pancaroba.

Rajin Mencuci Tangan
Salah satu tips menjaga kesehatan tubuh pada musim pancaroba, yaitu dengan rajin mencuci tangan. Karena tangan merupakan salah sati anggota tubuh yang paling sering digunakan, baik itu untuk makan, memegang atau mengerjakan segala sesuatu. Baik itu bersih maupun yang kotor sekalipun, dan terkadang masih banyak orang yang menganggap sepele hal ini.

Setelah melakukan segala hal, kamu haruslah mencuci kedua tangan secara rutin, terutama jika hendak makan. Setelah itu, tangan yang basah atau telah dicuci harus dikeringkan menggunakan handuk kering, kain bersih, atau tissue. Perlu diketahui pula, jika tangan masih basah, maka memungkinkan kuman masih menempel. Jadi, dengan melakukan tips ini, tubuhmu bisa lebih terjaga dari berbagai virus penyebab sakit perut, yang biasanya timbul dari kuman yang masuk melalui mulut kita.

Sering Mengkonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Untuk bisa menjaga kesehatan tubuh selanjutnya, bisa kamu dapatkan melalui makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang termasuk dalam kriteria ini, mempunyai berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita setiap harinya, seperti serat, karbohidrat, protein, mineral, berbagai vitamin, hingga kalsium. Tentunya hal ini sudah menjadi pengetahuan umum semua orang, namun masih banyak saja sulit untuk dilakukan.

Jika sulit, lakukanlah sedikit demi sedikit hingga terbiasa. Usahakan memasak makanan oleh sendiri, dan kurangi konsumsi makanan cepat saji. Ketika dalam satu hari terdapat berbagai makanan seperti nasi, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, bahkan susu, maka kamu sudah menerapkan pola makan yang sehat.

Rutin Membersihkan Rumah
Tak dipungkiri, jika debu, kuman, dan bakteri banyak mengendap dalam setiap sudut rumah, serta perabotan rumah kita. Karena hal inilah, seseorang lebih rentan terkena penyakit, bahkan sangat didukung jika terjadi musim pancaroba. Maka cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya, yaitu harus rutin membersihkan setiap sudut ruangan, mulai dari membersihkan lantai, kamar tidur, sofa, dan perabotan lainnya.

Peranyak Minum Air Putih
Mengkonsumsi air putih secara mencukupi juga meruapakn hal tepat demi menjaga kesehatan tubuh. Banyak pula ditemui orang-orang yang masih kurang minum air putih. Perlu diketahui, bahwa air sangat dibutuhkan banyak oleh tubuh, sehingga dalam sehari saja tubuh kita membutuhkan 8 gelas atau 2 liter air putih.

Istirahat yang Cukup
Salah satu kebiasaan orang-orang kini adalah begadang. Banyak sekali faktor penyebabnya, misalnya karena terdesak masalah pekerjaan, insomnia, dan lain sebagainya. Namun sudah waktunya kita untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan istirahat dengan cukup dan tidur tepat pada waktunya.

Rata-rata waktu yang cukup untuk istirahat adalah 7-8 jam perhari, dan bisa dimulai dari pukul 9 malam hingga pukul 4 shubuh. Namun jika, tetap tidak memungkinkan waktunya, kamu bisa mengganti waktu tidurmu yang kurang, dengan tidur pada siang hari jika waktumu luang.

Itulah beberapa kiat atau tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jika menyambut perubahan musim. Maka dari itu, mari sama-sama menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang!

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90