Melahirkan Dalam Air (Water Birth) ? Ini Yang Harus Anda Ketahui Sebelumnya

Melahirkan Dalam Air (Water Birth) ? Ini Yang Harus Anda Ketahui Sebelumnya

Melahirkan dalam Air


Melahirkan dalam air sekarang menjadi pilihan yang sangat popular di kalangan pasangan yang menginginkan persalinan normal dan alami baik di rumah maupun di rumahsakit. Banyak yang merasakan manfaat dari waterbirth. Selain mampu mereduksi rasa sakit, persalinan di dalam kolam berisi air hangat juga membuat ibu hamil memiliki tenaga lebih untuk mengejan. Melahirkan di dalam air membantu ibu hamil merasa lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan. Dalam rendaman air, kulit akan memiliki elastisitas lebih besar, sehingga memperkecil risiko robek pada jalan lahir bayi.


Melahirkan dalam air juga bermanfaat untuk bayi. Medium air memudahkan transisi bayi dari rahim, berisi cairan ketuban, ke dunia luar. Pendukung teknik ini mengatakan bahwa persalinan dalam air tak berbahaya. Bayi akan bernapas dalam air, karena dia tidak akan mulai menggunakan paru-parunya sampai dia dibawa ke udara dalam 10 detik pertama setelah lahir.


Suasana nyaman dalam proses waterbirth mendukung perasaan ibu menjadi rileks dan tenang. Ibu masuk ke bathtub waterbirth ketika pembukaan pada mulut rahim 5 Cm. Di dalam air ibu bisa memilih posisi yang dirasa nyaman. Ibu bisa duduk dengan mengangkang atau meluruskan kakinya atau dengan cara jongkok. Ketinggian air pun dipertimbangkan tidak sampai melewati leher.


Nah jika Anda berfikir untuk melahirkan dalam air, video ini akan memberikan informasi visual pada persalinan normal dalam air (waterbirth)


Berapa lama bayi berada dalam air?


Bayi yang dilahirkan dalam waterbirth sangat singkat berada di air artinya begitu si bayi lahir seluruh badannya kurang dari 10 detik bayi akan di angkat perlahan dari air, namun ada beberapa yang masih menunggu sekitar 3 menit hingga ada reflek gasping pada bayi baru mereka mengakatnya. Ketika bayi lahir, plasenta akan mendukung bayi dengan memberikan oksigen saat bayi masih didalam air karena ia masih melekat pada ibunya. Namun kalau saya pribadi biasanya saya segera mengakat bayi tersebut, karena saya pribadi berfikir bahwa bayi tidak boleh terlalu lama tinggal di dalam air karena tidak ada jaminan bahwa tali pusat akan terus berdenyut dan memberikan oksigen. Paling lama saya membiarkan bayi baru lahir tinggal di air adalah 1 atau 2 menit saja.


Kapan Anda bisa masuk ke kolam waterbirth


Ada beberapa versi yang bisa dilakukan.


1. Anda bisa masuk ke dalam air setiap kali Anda merasa perlu. Ini berfungsi untuk memberikan rasa nyaman. Dan Anda bisa keluar dari kolam jika sudah cukup dan masuk lagi nanti saat mau bersalin.


2. Namun banyak praktisi yang menyarankan untuk masuk ke kolam ketika Anda dalam kala I fase aktif, atau masuk ke kolam ketika persalinan kala II hendak dimulai (pembukaan >8cm) karena jika Anda masuk saat pembukaan 5cm atau bahkan 8 cm, air hangat tersebut justru akan membantu mempercepat proses persalinan, dan membuat kontraksi lebih adekuat.


Berikut ini saya tampilkan video proses persalinan dalam air yang terjadi di rumah tanpa bantuan maupun yang terjadi di rumah sakit. Amati perbedaannya. Dalam video ini diungkapkan fakta bahwa melahirkan dalam air di rumah bahkan tanpa bantuan menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki kekuatan untuk melahirkan dan bahwa ini adalah proses yang sangat alami yang belum tentu membutuhkan intervensi dari luar.


1. Melahirkan dalam air di rumah


dalam video ini kita melihat bahwa bidan atau bapak yang “menangkap” bayi tidak menggunakan sarung tangan. Wah jika di APN (asuhan Persalinan Normal) ini sudah sangat ditentang menyangkut tentang PI (Pencegahan Infeksi). Namun disini saya hanya menekankan bahwa, yang “bagian itu” jangan ditiru. Usahakan tetap menggunakan saryng tangan steril yang panjang. In akan menghindarkan resiko infeksi. Yang pasti harapan saya adalah Anda melihat dan mencerna proses persalinan dalam air ini dengan pikiran yang positif. Artinya yang kurang sesuai jangan ditiru.




2. Melahirkan dalam air di Rumah Sakit


Sedangkan video ini adalah proses persalinan dalam air yang terjadi di RS. Sayangnya tidak semua RS yang melayani waterbirth alatnya belum secanggih RS ini


Silahkan di amati.



Nah menarik bukan?


Banyak sekali manfaat dai metode waterbith baik untuk bayi maupun ibunya. Yang pasti proses ini adalah proses gentlebirth. Dan mencegah trauma lahir (birth trauma) pada bayi yang akan mempengaruhi jiwanya kelak.


Selamat mencoba

Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts