Edema pada Kehamilan

Edema pada Kehamilan

Solusi Alami untuk Edema di Kehamilan


Pembengkakan tangan dan kaki? Cincin dan sepatu pas pasan? Merasa bengkak diseluruh tubuh? Edema umum selama kehamilan dan terjadi ketika cairan menumpuk di jaringan tubuh. Anda mungkin menemukan pembengkakan menjadi lebih buruk di malam hari. Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak perubahan fisik yang ibu hamil hadapi. Bunda yang tengah hamil kerapkali mengalami pembengkakan pada kaki ├é yang disebut dengan edema. Sekitar 75% ibu hamil mengalami keluhan ini pada trimester ketiga.


Edema atau pembengkakan pada kaki saat hamil disebabkan peningkatan volume darah selama kehamilan dan tekanan dari rahim ke pembuluh darah di kaki, edema kaki ringan sering terjadi selama kehamilan. Namun, komplikasi serius kehamilan seperti trombosis pembuluh darah dalam dan preeklamsia juga bisa menyebabkan edema.


Meskipun pembengkakan ringan selama kehamilan dianggap normal, namun biasanya tetap terasa tidak nyaman. Anda dapat mencegah dan mengurangi edema dengan pengobatan Tradisional Cina, termasuk akupunktur, herbal, dan penyesuaian gaya hidup.


Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya edema, diantaranya: Berdiri terlalu lama, kelebihan asupan natrium (garam), terlalu banyak mengkonsumsi kafein, kekurangan kalium dan kurang minum air.


Pembengkakan, juga disebut sebagai edema, adalah efek samping yang umum dari kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan tubuh Anda memproduksi darah 50 persen lebih banyak cairan tubuh untuk membantu memelihara bayi Anda, merilekskan dan melenturkan tubuh Anda dan mempersiapkan sendi panggul untuk melahirkan. Meskipun pembengkakan merupakan aspek normal dari kehamilan, dapat menjadi tidak nyaman, terutama menjelang akhir kehamilan ketika produksi cairan berada pada puncaknya. Anda dapat mencari pengobatan yang aman, alami dan efektif seperti akupuntur atau akupresure untuk membantu mengurangi kelebihan cairan yang mungkin Anda miliki di tangan, kaki dan pergelangan kaki.


Edema biasa terjadi selama kehamilan karena cairan terakumulasi dalam jaringan tubuh. Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan adalah yang paling umum. Wajah juga bisa menjadi bengkak. Kondisi bengkak ini biasanya menjadi lebih buruk ketika sore atau malam hari juga ketika Anda berada dalam cuaca yang panas. Pembengkakan ringan adalah normal. Tetapi jika diikuti peningkatan tekanan darah dan protein memasuki urin, ada bahaya dari preeklamsia, sebuah komplikasi yang berpotensi serius kehamilan.


Edema umum terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan. Secara klinis, dapat dibagi menjadi tiga derajat.


(A) kasus ringan: edema jelas muncul di kaki dan kaki tetapi dapat hilang setelah istirahat. (B) kasus sedang: edema meluas ke paha dan vulva atau bahkan yang melibatkan perut. (C) Kasus berat : edema Umum kadang disertai dengan asites (penimbunan cairan di perut).


Pengobatan Edema Selama Kehamilan


Pengobatan Tradisional Cina memandang pembengkakan selama kehamilan sebagai hasil dari aliran yang tidak tepat dari energi vital, atau qi, dan akumulasi kelebihan cairan dalam tubuh. Obat herbal dan akupuntur/akupresure dapat membantu meningkatkan metabolisme air dalam tubuh.


SP 9 dianggap sebagai salah satu titik akupunktur dalam tubuh untuk menguras kelembaban yang berlebih. Fu Ling (Poria) adalah ramuan yang biasa digunakan dalam formula untuk mengobati edema, karena sangat efektif menguras kelebihan air serta memperkuat pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur.


Bagi praktisi pengobatan china edema selama kehamilan di tanda denga :


Gejala :


pembengkakan ringan pada pergelangan kaki/ tangan


Teori pengobatan china :


Edema umumnya terkait dengan kekurangan Yang baik dalam limpa


dan atau ginjal. Kasus yang lebih dasar yang terkait dengan stagnasi qi.


Diferensiasi :


Defisiensi pada Limpa


Tanda dan Gejala :


kulit mungkin agak terlihat  kuning, sesak napas, rasa tertekan di dada, merasa  lelah, kadang diare, anggota badan teraba dingin


Lidah : Pucat, basah


Denyut Nadi : Lemah, teraba lembut


Tujuan Pengobatan : meningkatkan kinerja Limpa dan Yang, mengurangi Kelembaban


Akupunktur Poin :


˜ SP 9 (mengatasi kelembaban),


˜ SP3 (menguatkan limpa),


˜ ST 36 (menguatkan energi qi),


˜ KD 7 (menguatkan energi yang),


˜ UB 20 (sp shu),


˜ UB 22 (thshu),


(jika terjadi pada trimester pertama Anda bisa menambahkan : CV 9, CV 11, dan ST 20 untuk mengeringkan kelembaban)


Defisiensi Energi Yang pada Ginjal


Tanda dan Gejala :edema lebih buruk di tubuh bagian bawah/pergelangan kaki, sakit


punggung, kaki dingin


Lidah :Pucat, basah


Denyut nadi : Lemah, dalam


Tujuan Pengobatan: Menguatkan Ginjal dan energi Yang, mengurangi Kelembaban


Akupunktur Poin :


˜ SP 9 (mengatasi kelembaban),


˜ KD 3 (Menguatkan ginjal),


˜ ST 36 (menguatkan energi qi),


˜ KD 7 (menguatkan energi  yang),


˜ UB20 (sp shu),


˜ UB 23 (kdshu),


(dalam trimester pertama Anda bisa menambahkan CV 9 dan CV 11 untuk mengeringkanÂkelembaban)


Stagnasi Qi


Tanda dan Gejala : distensi abdomen, iritabilitas


Lidah : Merah di sisi


Denyut nadi : liat


Tujuan Pengobatan: Menyelaraskan Hati, Tiriskan Kelembaban


Akupunktur Poin :


˜ ST 40 (mengatasi kelembaban),


˜ SP 9 (mengatasi kelembaban),


˜ LV 3 (mengatur hati),


˜ GB 34 (mengatasi stagnasi),


˜ UB 18 (lv shu),


Seorang praktisi pengobatan tradisional china yang berpengalaman akan menggunakan titik akupunktur tertentu dan herbal untuk meningkatkan metabolisme air Anda, dan pengobatan akan dilayani dengan kondisi tertentu dan kebutuhan Anda.


Diet dan Nutrisi


1. Hindari garam meja halus dan memilih garam laut berkualitas tinggi


2. Perbanyak minum air putih.


3. Makan bawang putih dan bawang merah untuk melancarkan peredaran cairan.


4. Seledri, peterseli, dan anggur dapat meningkatkan diuresis.


5. Makan sayuran hijau! Ini sangat efektif membantu memetabolisme cairan ekstra dalam tubuh, dan sebagai bonus tambahan, mereka dapat membantu menjaga keseimbangan hormon. Pastikan untuk memilih bebas pestisida, sayuran organik.


Poin


akupunktur mungkin efektif untuk membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Jika Anda memiliki pembengkakan ringan pada pergelangan kaki atau tangan, ahli akupuntur anda bisa menggunakan poin yang dapat membantu meningkatkan fungsi mereka. Akupunktur titik limpa 9 (SP 9) memiliki efek diuretik dan dapat mengurangi pembengkakan, sedangkan limpa 3 (SP 3) memperkuat fungsi limpa. Ginjal 7 dan ginjal 3 dua titik akupunktur tambahan yang dapat membantu memperkuat fungsi ginjal dan meningkatkan metabolisme air. Untuk titikyang lebih lengkap sudah di uraikan diatas.


Pengobatan


Bila Anda melihat ahli akupuntur anda untuk pertama kalinya, dia mungkin akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan tentang keluhan utama Anda, gejala, riwayat kesehatan dan keluarga dan gaya hidup. Dia akan memeriksa lidah Anda dan merasakan denyut nadi Anda dengan diagnosis medis yang akurat. Anda akan berbaring nyaman dan ahli akupuntur aan menusuk jarum yang kecil pada beberapa bagian titik pada tubuh Anda, seperti tangan, kaki, tangan dan kaki. Anda akan bersantai dengan jarum yang dimasukkan selama 20 sampai 60 menit dan bahkan mungkin tertidur selama pengobatan Anda. Sedangkan cara lain selain menggunakan jarum Anda bisa mengguanak akupressure atau menempatkan moxa di beberapa titik tertentu bagian tubuh Anda.


Gaya hidup


Pengurangan stres dan relaksasi hypnobirthing secara umum selama kehamilan dapat membantu mencegah edema ringan berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius. Akupunktur pada khususnya dapat membantu mengurangi stres, tetapi wanita juga harus melakukan penyesuaian gaya hidup untuk mencapai relaksasi dan mengurangi stres:


Tinggikan kaki Anda selama minimal 20 menit, 3-4 kali sehari untuk membantu Anda tetap rileks dan mengurangi pembengkakan pada waktu yang sama.


Olahraga ringan dapat membantu selama kondisi Anda tidak terlalu parah. Berendam di air hangat yang dibubuhi garam laut sangat bermanfaat.


pijat Swedia lembut dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan relaksasi.


Edema baisa menjadi serius kondisi yang lebih serus jika tidak ditangani. Selain pengobatan tradisional china dan pengaturan pola makan, sangat penting untuk menyesuaikan gaya hidup Anda untuk mengontrol stres selama kehamilan Anda. Tidak hanya kehamilan Anda akan menjadi lebih menyenangkan, tapi Anda akan meningkatkan kemungkinan Anda dan bayi Anda akan menikmati proses persalinan yang sehat dan lancar.


Berikut ini beberapa teknik akupresure yang bisa dilakukan dirumah sebagai pertolongan pertama ketika Anda ingin mengurangi pembengkakan selama kehamilan.



 


Semoga bermanfaat


Salam Hangat


Bidan Kita


References


American Pregnancy Association: Swelling During Pregnancy


National Center for Complementary and Alternative Medicine: Acupuncture: An Introduction


Yin Yang House: Acupuncture for Pregnancy, Childbirth and Postpartum Issues


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts