14 Alasan mengapa hypnosis sangat berguna pada ibu bersalin

14 Alasan mengapa hypnosis sangat berguna pada ibu bersalin

dr. Kroger states: There is no doubt that the expectation of pain and fear associated with labor can be effectively relieved by suggestion and / or hypnosis.”


Keuntungan Hypnosis:


1. Mengurangi ketakutan, ketegangan, dan nyeri sebelum dan selama persalinan dengan menaiknya derajat ambang nyeri pada ibu bersalin tersebut.


2. Mengurangi kemungkinan pemakaian chemoanalgesia dan anesthesia dalam persalinan.


3. Mengendalikan dengan sepenuhnya anggapan ibu bahwa bersalin itu suatu hal yang menyakitkan; ibu dapat memilih untuk merasakan sensasi-sensasi kelahiran bayi atau tidak, ketika dia memilih/ memutuskan.


4. Mengurangi resiko robekan jalan lahir dan mempercepat pemulihan ibu.


5. Pada pasien yang mau bekerjasama sepenuhnya, mengurangi resiko persalinan dengan pembedahan, mengurangi resiko episiotomy dan membuat ibu merasa nyaman.


6. Pada pasien yang harus dilakukan pembedahan, mental dan jiwanya lebih tenang dan ibu lebih kooperatif


7. Hipnosis memperpendek lama Kala I kira-kira 3 jam pada primipara dan lebih dari (sekedar) 2 jam pada multiparae.


8. Hipnosis mengurangi rasa kelelahan pada ibu bersalin.


9. Hipnosis dapat digunakan dipada dalam individu yang lemah.


10. Hubungan hipnotis dapat ditransfer ke satu rekanan, satu dokter RS atau suatu perawat, atau kepada suami, masing-masing dari yang, tanpa pelatihan yang sebelumnya, dapat siap mempengaruhi dan memelihara status.


11. Tidak ada pendidikan yang rumit atau latihan-latihan taat pada aturan keagamaan diperlukan untuk mencapai hubungan yang hubungan antar pribadi kuat penting untuk sukses dari kelahiran bayi di bawah hipnose.


12. Tidak ada kemungkinan bahwa kejahatan akan dilaksanakan kepada ibu atau bayi oleh hypnoanesthesia. Sebaliknya, literatur menawarkan suatu jumlah yang pantas dipertimbangkan dari bukti bahwa ketika obat analgesic diberi untuk mengurangi rasa sakit yang mereka bisamengakibatkan berkurangnya penyediaan oksigen kepada janin. Yang dikombinasikan dengan faktor-faktor asphyxia yang lain seperti trauma atau persalinan sulit, menghasilkan anoksia hal-hal janin dan, otak rusak parah; sulit; keras; berat. Dengan hypnoanesthesia, bahayanya anoksia hal-hal janin dengan jelas dikurangi.


13. Kelahiran bayi di bawah hypnoanesthesia adalah suatu hal yang sungguh memuaskan pengalaman secara emosional untuk para ibu yang dengan baik disesuaikan. Mendengar tangis bayi yang pertama itu atau melihat dia baik pria maupun wanita terasa sangat menggetarkan hatti dan ingin segera memeluk bayinya.


14. Hipnose dapat menolong orang-orang yang sedang dalam keadaan darurat. Aplikasi yang sukses yang sudah dilaporkan adalah abruptio plasenta dengan persalinan bayi hidup, perdarahan juga dapat dihentikan.


“If these advantages were more widely known, more mothers would have their babies using hypnosis.”—W.S. Kroger, M.D.


Sedangkan menurut John Hartland penulis buku Medical and Dental Hypnosis and Its Clinical Applications, menyatakan keuntungan dan kerugian penggunaan hypnosis dalam Obstetri antara lain:


Keuntungan


1. Hypnosis dapat sangat meningkatkan kemampuan ibu untuk lebih rileks, secara mental dan secara phisik. Ibu akan siap menerima fakta bahwa tidak ada alasan apapun untuk takut dan bahwa karena ibu mampu rileks dengan sepenuhnya, ketegangan dan nyeri akan menghilang lenyap, dan persalinan akan lebih mudah.


2. Hypnosis menghasilkan pernapasan tanpa tekanan dan memperlancar peredaran darah juga mampu menghasilkan morfin alami dalam tubuh sehingga rasa sakit bisa berkurang bahkan hilang.


3. Hypnosis biasanya memperpendek Kala I persalinan.


4. Hypnosis mampu mengurangi rasa sakit dan resiko terjadi robekan perineum pada saat persalinan.


5. Pada ibu dengan persalinan SC dapat membantu menjadikan ibu lebih tenang.


6. Pemulihan kesembuhan Post-operative juga lebih cepat dan mengurangi komplikasi.


7. Masa menyusui anak dapat dirangsang dan proses menyusui dapat dimudahkan.


Kerugian


1. Tanggapan pasien yang salah tentang hypnosis dapat menghambat proses hypnosis.


2. Hasil dari hypnosis akan lebih maksimal apabila pasien sudah mendapatkan pelatihannya dan sering berlatih.


3. Variabilitas derajat tingkat dari kepekaan kepada hipnose.


4. Ketiadaan kerjasama dan mengerti pada pihak personil yang dilatih maupun yang terlatih.


.


Hypnosis dalam ilmu kebidanan data digunakan pada saat kehamilan dan persalinan sehingga dapat meningkatkan kesehatan, mengurangi kelelahan dan rasa tidak nyaman serta keluhan yang ditimbulkan akibat dari proses kehamilan maupun persalinan, mengurangi morning sickness


Association and founder of the Hypnonatal program for painless childbirth, mengatakan bahwa “When using hypnosis in early pregnancy in most cases within one or two sessions, feelings of nausea and sickness subside…”


Penelitian juga membuktikan bahwa hypnosis mungkin dapat menjadi sebuah therapy untuk kasus-=kasus pada kehamilan dengan presentasi bokong.


(Mehl, 1994). 100 ibu hamil dengan umur kehamilan 37-40 minggu yang dilakukan matching dengan group pembanding dengan riwayat obstetric dan social yang sama dan memenuhi criteria inklusi. The experimental group yang dilakukan hypnosis yang disertai dengan sugesti terapi dan relaksasi menunjukkan hasil bahwa janin tersebut bida berubah posisi menjadi vertek atau presentasi kepala. Hasil yang signifikan menunjukkan 84% pada ibu yang mendapatkan hypnosis menjadi presentasi kepala dan pada group control ternyata 48% yang berubah menjadi presentasi kepala. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa dengan hypnosis dapat memperbaiki atau mengkoreksi posisi janin .


 


HypnoBirthing patut dijalani oleh semua keluarga yang ingin mengoptimalkan perkembangan keturunan mereka agar menyiapkan anak-anak yang mempunyai kecerdasan spiritual ( SQ ) yang tinggi.”


dr. Tb. Erwin Kusuma SpKJ,(K)


 


Salam Hangat


Bidan Kita


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts